Sabtu, 24 Desember 2011

Mengenal Metode Filsafat

                                                                                                                     
buku berjudul “Metode-Metode Filsafat” menjelaskan diskripsi umum berbagai macam metode filsafat yang digunakan oleh para filosof dalam mengembangkan atau bahkan menemukan sebuah teori baru. Metode ini merupakan syarat mutlak dalam meneliti sebuah obyek, sebab metode merupakan cara bertindak menurut sistem aturan tertentu supaya kegiatan praktis terlaksanakan secara rasional mencapai hasil yang optimal. Penelitian yang menggunakan metode filsafat tersebut tidak hanya ditetapkan pada ruang lingkup filsafat akan tetapi juga untuk seluruh bidang atau obyek penelitian. Filsafat adalah akar dari semua ilmu pengetahuan, maka metode filsafat adalah akar dari semua metode yang berkembang pada saat ini di seluruh bidang keilmuan.
                Uraian dalam bagian buku ini sangat penting untuk dipahami oleh semua kalangan akademik dalam melakukan sebuah riset atau paling tidak dalam menyusun kerangka berpikir yang benar (logika). Jika dalam kerangka berpikir sudah benar, maka selanjutnya bergerak ke dalam pemahaman  penggunaan metode. Peneliti tidak akan pernah mencapai hasil optimal jika tidak ada sumbangan dari metodologi empiris, logika, dan filsafat ilmu pengetahuan.
                Informasi yang diberikan dalam buku ini selain mengeksplorasi bagian inti atau dasar dalam memahami berbagai metode penelitian, khususnya filsafat dan semua bidang ilmu pengetahuan tanpa pengecualian juga unsur-unsur dan metode ilmiah yang tercover di dalam halaman 16-18 serta pembagian dan pengertian umum dari macam-macam metode yang digunakan oleh para filosof dalam mematangkan penelitian mereka (lihat: halaman 21-22). Ditambah lagi, informasi tersebut dirangkai dengan gaya bahasa sederhana, jelas, dan mudah dipahami serta uraian yang singkat namun padat.  Banyak orang yang enggan membaca atau bahkan mendalami buku filsafat yang notabene termasuk ilmu yang sulit dipahami karena membutuhkan dasar pemahaman logika yang kuat apalagi jika penyajiannya disuguhkan dengan bahasa yang rumit.  Hal tersebut tidak berlaku untuk buku ini, buku yang diperkaya dari berbagai referensi yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mendukung gagasan penulis yang semuanya bersumber dari buku ensiklopedi dan kamus yang diterbitkan di kota New York, misalnya: Edwars (ed.), Ensyclopedia of Philosophy, New Catholis Ensyclopedia, dan Edwars (ed.), The Dictionary of Philosophy. Karena itu, kehadiran buku ini sangat ditunggu oleh para pembaca pemula pada umumnya, dan kalangan akademik.
                Dari berbagai uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa buku “Metode-Metode Filsafat” wajib menjadi buku pengantar dalam memahami berbagai macam metode penelitian. Hal ini dikarenakan, pembahasan isi buku tersebut menyentuh paling dasar pemahaman metode filsafat termasuk perincian unsur-unsurnya dan berbagai macam pengertian dasar dari metode-metode filsafat. Di samping itu, uraian yang digunakan penulis dibuat sedemikian rupa, yaitu: sederhana, singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami bagi semua kalangan.
               
                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar